Press "Enter" to skip to content

1.2 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia

JAKARTA – Vaksin SARS-CoV-2 untuk wabah Covid-19 buatan Sinovac, Tiongkok, akhirnya resmi masuk Indonesia sebanyak 1.2 juta dosis yang sudah jadi, Minggu (6/12/2020) malam.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui keterangan resmi secara daring di Channel YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (6/12/2020) mengatakan, akan ada sekitar 1.8 dosis lagi yang akan tiba pada awal Januari 2021.

“Kita masih mengupayakan 1.8 juta dosis vaksin yang akan tiba di awal Januari 2021,” ujar Jokowi.

Presiden mengucapkan rasa syukurnya atas kedatangan vaksin di Indonesia. Dirinya pun memastikan, bahwa vaksin yang tiba ini harus melalui tahapan-tahapan di BPOM.

Pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777-300ER yang membawa vaksin Corona telah tiba di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 21.20 WIB. Kedatangan pesawat tersebut disiarkan secara langsung dalam akun YouTube Sekretariat Presiden.

Rencananya, Presiden Jokowi akan memberikan keterangan resmi usah pesawat mendarat.

Seperti yang diketahui, Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto menerbitkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/ Menkes/ 9860/ 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin Untuk Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19).

Keputusan Menkes itu menetapkan enam jenis vaksin Covid-19 yang dapat digunakan dalam proses vaksinasi di Indonesia.

Keenam vaksin tersebut diproduksi oleh Bio Farma, Astra Zeneca, China National Pharmaceutical Grup Corporation (Sinopharm), Moderna, Pfizer Inc and BioNtech, dan Sinovac Biotech. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *