Press "Enter" to skip to content

Anis Matta Sebut Kota Tangsel Miliki Tahap Memenuhi Kategori Kota Bertaraf Internasional

TANGERANG – Ketua Umum Partai DPN Gelora Indonesia, Anis Matta menyebut, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memenuhi kategori sebagai kota bertaraf internasional. Menurut dia, Tangsel memiliki tahap perencanaan pembangunan yang baik, mulai dari awal resmi berdiri hingga kini telah berusia 12 tahun.

“Saya mengapresiasi pembangunan Kota Tangerang Selatan, kota termuda di Provinsi Banten ini sudah cukup memenuhi kategori sebagai kota bertaraf internasional,” tutur Anis saat hadir dalam acara konsolidasi terkait Pilkada 2020 di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (28/11/2020) kemarin.

Menurut Anis, sangat butuh upaya dan komitmen yang kuat dalam membangun kota baru. “Apalagi Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengusung konsep smart city dalam pencanangan pembangunannya,” ujar mantan presiden PKS tersebut.

Mantan Wakil Ketua DPR RI itu pun menuturkan, kriteria dalam membangun konsep smart city harus meliputi sejumlah hal. Di antaranya, ihwal pertumbuhan ekonomi yang baik dan memiliki infrastruktur yang terkoneksi dan menunjang mobilitas masyarakatnya. Selain itu juga terwujud lingkungan hidup dan kesehatan yang memadai, termasuk juga soal akses pendidikan yang cakap.

“Tangsel memiliki kriteria tersebut,” ucap Anis. Hal itu, kata dia, dapat ditilik lewat data Badan Pusat Statistik (BPS) bahwa pertumbuhan ekonomi Tangsel sudah di angka 7,2 persen, tertinggi di Indonesia dan di atas pertumbuhan ekonomi secara nasional di kisaran angka 5 persen.

Sedangkan inflasi sekitar 2,8 persen. Tercatat sepanjang 2019 lalu, PAD Tangsel mencapai angka Rp 1,3 triliun. Anis melanjutkan, Tangsel telah memenuhi unsur smart city meliputi smart government, smart live, smart living, smart people, dan smart mobility.

Konkretnya, antara lain, pengurusan dokumen di Tangsel dimudahkan lewat online. Lalu, dari segi kesehatan masyarakat cukup menunjukkan KTP untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Anis menyebut, dari segi infrastruktur di Tangsel juga sudah terkoneksi, serta dari segi pendidikan sudah tidak lagi dipungut biaya.

Konsep smart city di Tangsel, menurut Anis, telah dapat menjadi solusi dari masalah perkotaan dan mampu menuai manfaat, baik bagi pemerintah maupun masyarakat. Manfaat itu, di antaranya berupa peningkatan kualitas hidup sebagai efisiensi dan efektivitas alokasi sumber daya daerah, mengurangi kesenjangan dalam masyarakat, dan pengurangan kongesti bagi pengguna jalan.

Selain itu juga bermanfaat dalam perwujudan transparansi dan partisipasi publik, transportasi publik, manajemen limbah, pengurangan polusi dan emisi gas buang, energi, hingga keamanan data serta informasi.

“Maka dengan kondisi tersebut Kota Tangerang Selatan sangat layak menjadi kota bertaraf internasional. Karena itu pada keluarga Indonesia akan mendukung keberlanjutan pembangunan Kota Tangerang Selatan yang lebih baik dan menjadikan kota ini sebagai rumah bersama,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Anis menegaskan, Partai Gelora Indonesia secara totalitas mendukung pasangan calon wali Kota Tangsel Benyamin Davnie dan wakil wali kota Tangsel Pilar Saga Ichsan yang dikenal sebagai pasangan calon berpengalaman dan profesional dalam Pilkada 2020. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *