Press "Enter" to skip to content

Anis Matta Ungkap Alasan Partai Gelora Dukung Menantu dan Putra Jokowi di Pilkada 2020

JAKARTA – Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia, Anis Matta akhirnya mengungkapkan alasan partainya mendukung menantu dan putera Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Pilkada serentak tahun 2020. Kata Anis, keputusan tersebut dilandasi pada dinamika politik di daerah masing-masing.

“Itu dinamika politik daerah,” sebut Anis dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/9/2020), terkait sikap politik Partai Gelora Indonesia di Pilkada serantak 2020 ini, termasuk dalam Pilwakot Solo dan Medan.

Diketahui, Partai Gelora telah mengarahkan dukungan bagi putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka yang berpasangan dengan kader PDI Perjuangan, Teguh Prakoso di Pilwalkot Solo. Begitu juga dalam Pilkada Kota Medan, dimana partai besutan Anis Matta ini telah resmi mendukung menantu Jokowi, Bobby A Nasution yang berpasangan dengan kader Gerindra, Aulia Rahman.

Melanjutkan pernyataanya, Anis Matta menegaskan bahwa partainya memberikan keleluasaan kepada pengurus daerah untuk mengarahkan dukungannya bagi kandidat kepala daerah di Pilkada 2020. Ia menyatakan semua jabatan publik yang dipilih langsung oleh rakyat pasti memiliki banyak dinamika di lapangan.

“Oleh karena itu, sudah sepatutnya para pengurus partai di daerah yang lebih mengetahui dinamika tersebut. Itu prinsip dasar dari kebijakan Gelora dalam Pilkada ini,” tegasnya.

Selain itu, Anis juga melihat majunya Gibran dan Bobby dalam Pilkada 2020 tidak berkaitan dengan keinginan Jokowi untuk membangun dinasti politik di daerah. Ia menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mengikuti pemilihan secara langsung di Pilkada sesuai aturan yang berlaku.

“Kalau jabatannya “diwariskan” tanpa pemilihan langsung oleh rakyat baru bisa disebut dinasti,” pungkas eks Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu lagi. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *