Press "Enter" to skip to content

Cara Lokalpunya.com Manfaatkan Big Data untuk Bantu Para Usaha Lokal

JAKARTA – Lokalpunya memanfaatkan big data untuk membantu para mitra lokal. Karena, big data sangat berguna dalam mengumpulkan seluruh informasi terkait data pelanggan dalam sebuah bisnis.

Dalam hal ini, lokalpunya.com sebagai e-commerce dengan menggandeng para mitra lokal berusaha memanfaatkan big data agar bisa membantu para usaha lokal yang di daerah untuk maju. Hal ini diungkapkan oleh Rio Yudha, Data Scientist Lokalpunya pada acara diskusi virtual bertajuk Pemanfaatan Big data Untuk Usaha Lokal pada Sabtu (19/12/2020).

Lanjut Rio, baik perusahaan besar maupun pelaku bisni kecil seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), big data menjadi penting. Cara kerja big data memudahkan sang pelaku bisnis untuk digunakan sebagai keperluan seperti dalam urusan mengambil keputusan secara cerdas dan lebih efektif.

“Lokalpunya pun memanfaatkan big data untuk membantu para mitra lokal dengan berhubungan sama para pelanggan. Hal ini memberikan mitra lokal mengetahui bagaimana minat pelanggan terhadap produk mereka,” jelasnya.

Selain itu, masih menurut Roy, big data ini juga dapat menjadikan strategi pemasaran yang berguna bagi produk tersebut. Penggunaan big data dalam strategi pemasaran ini mampu memberikan hasil yang akurat sehingga dapat memenuhi target bisnis yang direncanakan.

“Big data juga dapat digunakan dalam hal pengambilan keputusan dari segi bisnis. Ini dapat membantu mitralokal untuk melakukan inovasi dari produk yang mereka hasilkan. Informasi ini bukan hanya untuk mengira-ngira keputusan masa mendatang, tapi juga dapat melihat dampak yang diambil dari keputusannya tersebut,” lanjutnya.

Selain itu, memanfaatkan big data juga bisa menentukan strategi bisnis yang tepat dalam berbisnis. Dengan melakukan analisis yang tepat pada big data, perusahaan dapat terhindar dari berbagai hal seperti yang menyebabkan kerugian.

“Walaupun kita tidak menutup kemungkinan akan selalu ada masalah ketika menjalankan sebuah bisnis. Tapi adanya big data ini, kita akan mendukung para mitralokal sehingga mereka dalam mengambil keputusan berbisnis secara tepat, ” ucap Roy.

Kesempatan sama, Elga Yulwardian, CEO Ivosights yang juga hadir dalam diskusi tersebut menegaskan bahwa pemanfaatan big data bagi perusahaan lokal bisa untuk lebih memahami target pasar yang diinginkan serta melakukan analisis seperti mengidentifikasi tren pasar.

“Big data ini bisa dimanfaatkan lebih jauh lagi buat para usaha lokal, terutama bagus untuk melihat tren bisnis yang ada saat ini,” pungkasnya. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *