Press "Enter" to skip to content

Di Rakor Jelang Pilkada Serentak, Warning Mendagri: Jangan Sampai Timbulkan Kluster Baru Covid-19

JAKARTA – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak di sebanyak 270 daerah, tinggal sehari lagi. Untuk itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menggelar rapat koordinasi kesiapan pemungutan suara Pilkada 2020 di Gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (8/12/2020).

Dalam rapat koordinasi tersebut, hadir pula Ketua Bawaslu, Abhan, Ketua BNPB Doni Monardo, Ketua DKPP, Muhammad. Selain itu, hadir pula pejabat-pejabat dari Kemengadri, KPU, Bawaslu, TNI, dan Polri secara langsung maupun virtual.

Mendagri menyampaikan, tujuan digelarnya rapat koordinasi ini, untuk memastikan tahapan Pilkada 2020 berjalan dengan lancar, khususnya di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Untuk itu, ia berharap tahapan Pilkada serentak 2020 berjalan dengan lancar.

“Hari pemungutan suara merupakan puncak dari tahapan Pilkada serentak. Kita harap semua tahapan Pilkada berjalan dengan aman dan lancar. Aman dari gangguan konvensional baik kekerasan, konflik dan gangguan lain. Tapi juga di tengah pandemi,” ucapnya.

Mantan Kapolri itu pun menyebut saat pemungutan suara, ada potensi penyebaran virus corona. Oleh karena itu, Tito meminta agar protokol kesehatan (prokes) Covid-19 diperketat agar tidak menimbulkan kluster baru Covid-19.

“Kita jaga agar tahapan pilkada tidak menjadi media penularan Covid-19 karena ada potensi interaksi dan potensi kerumunan,” sebut Tito mengingatkan. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *