Press "Enter" to skip to content

DPR Terima Surpres Calon Kapolri, Puan: Presiden Ajukan Listyo Sigit

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), menunjuk Kabareskrim Polri, Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri baru menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis yang akan pensiun awal Februari 2021. Dengan demikian, terjawab sudah teka-teki dikalangan masyarakat soal Kapolri mendatang.

Kepastian pengajuan Listyo Sigit ini disampaikan Ketua DPR RI Puan Maharani dalam jumpa persnya di Loby Gedung Nusantara III DPR RI, Rabu (13/1/2021), setelah menerima Surat Presiden (Surpres) calon Kapolri dari Mensesneg Supratikno.

Dalam kesempatan tersebut, Puan Maharani didampingi wakil ketua DPR RI Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco, Rahmad Gobel dan Mensesneg Pratikno, juga Sekjen DPR RI Indra Iskandar.

Puan mengatakan, Supres telah kami terima dan Presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggul Listyo Sigit Prabowo yang saat ini masih menjabat Kabareskrim Polri.

“Kami akan menugaskan Komisi III DPR untuk melakukan uji kelayakan atau fit and proper test. Terhitung 20 hari ke depan kami DPR akan memproses atas pengusulan terhadap calon tunggal Kapolri,” kata Puan.

Selanjutnya, masih menurut Puan, hasil uji kalayakan tersbeut akan dibawa ke Rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan Dewan.

“Kami akan membawa (hasil uji kalayakan) ke Rapat Paripurna untuk disetujui,” demikian Puan Maharani.

kesempatannya itu, Mensekneg, Supratikno menyampaikan ikhwal kedatangannya untuk menyampaikan Supres terkait calon Kapolri periode kedepan.

“Saya diperintah bapak presiden untuk menyampaikan Supres calon Kapolri untuk periode kedepan,” ujar dia dalam kesempatan yang sama.

Dirinya berharap calon Kapolri Listyo Sigit dapat segera diproses secepat-cepatnya, dan bila bisa sebelum 20 hari seperti yang telah disampaikan Puan.

“Dengan begitu, kita akan memperoleh Kapolri definitif seperti yang telah diusulkan bapak presiden,” pungkas Pratikno. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *