Press "Enter" to skip to content

Figur Kapolri Mendatang, KMI Nilai Irjen Pol. Nana Sudjana Paling Pas

JAKARTA – Masa pensiun Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis masih empat bulan lagi, tepatnya Januari 2021 mendatang. Namun telah beredar 8 nama kandidat yang muncul sebagai calon Kapolri pengganti Idham Aziz, yang disuarakan oleh Indonesia Police Watch (IPW) beberapa waktu lalu.

Delapan nama yang dimaksud yakni Kabaharkam, Komjen Pol. Agus Andrianto dari alumni Akpol 98; Kabaintelkam, Komjen Pol. Rycko dari Akpol 88; Kepala BNPT, Komjen Pol. Boy Rafli Amar dari Akpol 88; Kabareskrim, Komjen Pol. Listyo Sigit; Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Ahmad Lufthi; Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Fadil Imran dari Akpol 91; dan Wakapolri, Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono.

Melihat sederat nama calon Kapolri yang disebut IPW, Ketua Kaukus Muda Indonesia (KMI), Edi Humaidi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (8/9/2020), lebih condong ke figur Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana untuk menggantikan posisi Idham Azis.

“Menang calon Kapolri imi kan harus binrang tiga, sedangkan Pak Nana masih bintang dua. Tapikan diantara yang bintang tiga sekarang ini ada yang mau masuk pensiun, jadi dia bisa ditarik untuk posisi bintang tiga,” ujarnya.

Alasannya, menurut Edi, selama berkarier di Kepolisian, Irjen Pol. Nana Sujana mempunyai rekam jejak yang mumpuni. Selain itu, mantan Direktur Politik Baintelkam Polri itu juga memiliki kematangan, tangan dingin, dan keluwesan sehingga mampu mengkomunikasikan kepada segenap elemen bangsa untuk mendinginkan suasana.

“Sosok Nana Sudjana sangat paham pemetaan saat ini. Jakarta kondusif di bawah dia. Karena itu saya menilai tepat jika Nana Sudjana menjabat Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Idham Azis,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Presidium IPW, Neta S Pane pernah menyebut bahwa informasi yang didapatnya masih mengerucut pada jenderal bintang dua. Bahkan, dia menyatakan bahwa Presiden Jokowi sendiri yang menginginkan jenderal bintang dua.

“Informasi terakhir yang kami dapat dari lingkungan Istana, Presiden Jokowi menginginkan dari bintang dua,” tutur Neta.

Jika informasi tersebut benar, Neta memprediksi Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana bakal dilantik menempati jabatan jenderal bintang tiga. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *