Press "Enter" to skip to content

HPN 2021, KMI Respon Positif Keputusan Presiden Bantu Ringankan Beban Industri Media

JAKARTA – Di Hari Pers Nasional (HPN) 2021 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyadari insan pers turut menghadapi masa-masa sulit di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 ini. Oleh karena itu, dia menyampaikan bahwa Pemerintah pun berusaha untuk meringankan beban industri media, salah satunya PPh 21 bagi awak media telah dimasukkan dalam daftar pajak yang ditanggung oleh pemerintah.

“Tidak hanya PPh untuk awak media, Pemerintah juga akan meringankan pajak bagi industri media, dilakukan pengurangan PPh badan, kemudian pembebasan PPh 2 impor, dan percepatan restitusi dan insentif ini juga berlaku sampai Juni 2021,” ujar Jokowi.

Keputusan yang diambil Presiden Jokowi tersebut, Ketua Kaukus Muda Indonesia (KMI), Edi Homaidi melalui keterangan tertulisnya, Rabu (10/2/2021), memberi respon positif, mengingat peran media masih sangat dibutuhkan sebagai sarana untuk mencerdaskan masyarakat Indonesia.

“Keputusan Bapak Presiden itu tentunya merupakan angin segar bagi industri pers di Tanah Air, karenanya patut kita dukung. Apalagi kita tahu pers adalah pilar ke empat demokrasi di negeri ini,” sebutnya.

Melanjutkan pernyataannya, Edi Homaidi melihat kalau Presiden Jokowi sangat perhatian dengan nasib pers, yang juga terkena imbas akibat pandemi Covid-19. Apalagi keberadaan pers selama ini, termasuk menyampaikan informasi atas kebijakan pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 sangat membantu.

“Berkat pers lah seluruh kebijakan yang diambil pemerintah, bisa tersiar kenseluruh pelosok Tanah Air. Pers juga lah, menangakal seluruh berita hoaks terkait Covid-19 yang bisa meresahkan masyarakat,” kata eksponen Himpunan Mahasiswa Islan (HMI) ini seraya mengucapkan selamat Hari Pers Nasional 2021, serta berharap kejayaan bagi industri media.

Hari Pers Nasional (HPN) 2021 mengusung tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi dengan Pers Sebagai Akselerator Perubahan”. Acara ini disiarkan langsung dari Candi Bentar, Kawasan Ancol dengan Jakarta sebagai tuan rumah. Juga diikuti oleh para peserta dari 37 provinsi di Tanah Air secara virtual. Puncak acara Hari Pers Nasional 2021 merupakan bagian dari rangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *