Press "Enter" to skip to content

Idham Aziz Figur yang Pas Jabat Kapolri Gantikan Tito

JAKARTA – Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry menyampaikan, Komjen Polisi Idham Aziz merupakan figur yang tepat untuk menduduki posisi Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian yang kini menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Apalagi, dia menagku sudah cukup lama mengenal sosok Kabareskrim Polri itu.

“Dia (Idham Azis) adalah figur yang mumpuni, dalam hal ini saya pribadi menilai presiden tidak salah menunjuk figur yang bersangkutan,” kata Herman kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (29/10/2019).

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, Komjen Idham Aziz adalah figur yang tertib, dingin, punya jam terbang dalam sejumlah penugasan, terutama situasi dan kondisi bangsa hari ini tentang hoax, tentang radikalisme, tentang intoleransi.

“Pak Idham Aziz punya kemampuan dan kapasitas untuk hal itu. Oleh sebab itu saya berharap jika nanti terpilih beliau juga akan melanjutkan tugas-tugas di Polri, terutama membuat institusi Polri menjadi solid di dalam penugasan selanjutnya,” harapnya.

Saat disinggung mengenai fit and proper test (uji kepatutan dan kelayakan) calon Kapolri, Herman menegaskan, tentu pada fit and proper test ada mekanismenya. Bahkan semua anggota mempunyai hak untuk bertanya tentang apa saja.

“Tentu yang utamanya terkait visi dan misi dalam hal memimpin Polri ke depan. Road map dalam dia memimpin Polri ke depan. Apa yang akan dilakukan menjadi prioritas-prioritas untuk disampaikan,” paparnya.

Herman menyatakan, jika memang tidak ada halangan dan disetujui anggota, maka siap seluruh mekanisme akan diselesaikan besok.

“Kami berencana kalau sore ini kami telah menerima penugasan Bamus untuk melakukan fit and proper test, maka malam ini juga dalam rapat pleno komisi kami akan meminta pendapat seluruh anggota sesuai dengan mekanisme,” jelasnya.

Herman menandaskan, jika dalam mendapatkan persetujuan dari semua anggota untuk melakukan fit and proper test, maka agendanya adalah besok pagi jam 9 kami akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan beliau pribadi dan keluarganya.

“Setelah selesai kami melakukan kunjungan mungkin kami akan punya waktu menerima masukan dari masyarakat, setelah itu kalo waktunya masih memungkinkan sore harinya kami akan melakukan fit and proper test, dan jika selesai fit and proper test mungkin malam harinya kami akan melakukan penetapan calon Kapolri terpilih yang telah dibuat keputusan tingkat pertama di Komisi III kemudian hari Kamis kita teruskan ke paripurna,” tutupnya. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *