Press "Enter" to skip to content

Ini Curhatan Caleg Incumben yang Bakal Menghabiskan ‘Fulus’ Miliaran Rupiah di Pileg 2019 Nanti

Jakarta – Biaya politik bagi calon anggota legislatif (caleg) yang akan betarung di daerah pemilihannya masing-masing pada pileg nanti, dipastikan bakal menghabiskan ‘fulus’ hingga miliaran rupiah. Apalagi, Pemilu 2019 ini bakal dilakukan serentak dengan pemilihan presiden dan wakil pesiden.

Pengakuan ini disampaikan salah satu caleg incumben dari PDI Perjuangan, Marsiaman Saragih saat ditemui wartawan di ruang kerjanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (24/9/2018).

Bahkan, Marsiaman mengatakan, setelah dihitung-hitung, sirinya harus menyiapkan biaya sekitar Rp 2 miliar. Dan duit sebanyak itu, akan dipergunakan untuk membiayai acara tatap muka dengan masyarakat di daerah pemilihannya yaitu Riau II yang meliputi, Kabupaten Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

“Besar lah, bagi saya Rp 2 miliar itu besar, dan itu masih pakai capai pula,” keluhnya.

Pada hal waktu pemilu 2014, biaya yang dikeluarkan politisi senior PDI Perjuangan ini untuk terpilih anggota DPR RI mencapai Rp 1,5 miliar. Kalau sekarang ada peningkatan kata Marsiaman karena pengelauaran bertambah.

Untuk kampanye pemilu 2019, Marsiaman menyatakan dia akan lebih banyak mengadakan acara tatap muka dengan masyarakat. Pasalnya, kegiatan tatap muka justru lebih efektif dalam mendulang suara pemilih.

“Saya bertemu dengan masyarakat, ngobrol-ngobrol, bersilaturahmi, itu kan lebih efektif,” katanya seraya menambahkan kalau acara tatap muka itu dalam satu hari maksimal diadakan di empat titik.

“Nah, sudah pasti setiap acara tatap muka menyediakan konsumsi dan biaya lain untuk mendukung acara tersebut,” tambah Marsiaman lagi.

Biaya Rp 2 miliar yang disiapkan tadi, lanjut dia, juga dialokasikan untuk membuat spanduk, bendera dan kaos yang jumlahnya cukup besar.

“Itu memang sudah resiko sebagai caleg, kalau gak mau keluar uang banyak, tidak usah nyaleg lah,” tukas Marsiaman.

Menjawab pertanyaan, anggota Komisi XI DPR ini mengatakan, sejumlah hal terkait prestasi yang diraih Presiden Jokowi akan disampaikan kepada masyarakat dalam setiap acara tatap muka itu. Dalam kaitan ini, dirinya juga akan menyatakan alasan-alasan harus memilih kembali Jokowi sebagai Presiden RI bersama wakilnya KH Ma’ruf Amin.

“Seperti apa kondisi perekonomian kita saat ini, apa saja keberhasilan pemerintah selama dipimpin Presiden Jokowi,” pungkas Marsianab.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *