Press "Enter" to skip to content

Kapolri Listyo Sigit Silaturahmi ke Ormas Islam Pasca Dilantik, Patut Diapresiasi


JAKARTA – Ketua Kaukus Muda Indonesia (KMI) Edi Homaidi mengapresiasi setinggi-tingginya langkah Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang langsung melakukan silaturahmi ke markas PBNU dan PP Muhammadiyah, sehari setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kapolri menggantikan Idham Azis, pada Rabu (27/1/2021) lalu. Hal ini sebagai bukti kalau Listyo memang dekat dengan organisasi keagamaan mana pun, termasuk ormas Islam.

“Setahu saya, ini bukan lah kali pertama ditunjukan beliau (Listyo Sigit). Sosok Listyo Sigit memang memiliki hubungan yang baik dengan ormas Islam. Saat menjabat Kapolda Banten, dia membuka ruang komunikasi dengan para ulama, jawara, dan tokoh masyarakat,” beber Edi Homaidi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (30/1/2021), menanggapi silaturahmi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ke PBNU dan Muhammadiyah beberapa waktu lalu.

Apalagi, lanjut eksponen Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini, sesuai dengan situasi kebangsaan pada saat ini, ditengah
beragam isu SARA yang menyerang pemerintah dan aparat penegak hukum, maka apa yang dilakukan Listyo Sigit sangatlah tepat dan patut diapresiasi.

“Kita tahu kalau NU dan Muhammadiyah merupakan ormas Islam terbesar di Indonesia. Makanya, apa yang dilakukan Listyo Sigit harus didukung oleh semuah elemen masyarakat, juga para tokoh politik negeri ini,” ucap Edi Homaidi yang meyakini bahwa Polri dibawah mantan Kabareskrim itu bisa menjaga dan meningkatkan sinergi TNI dan Polri, karena itu menjadi faktor utama untuk menuju Indonesia Maju di tengah tantangan bangsa ke depan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Diketahui, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sehari setelah resmi menjabat Kapolri, melakukan kunjungan dua hari berturut-turut ke PBNU, dan PP Muhammadiyah. Silaturahmi Listyo ke PBNU dilakukan pada, Kamis (28/1/2021), sedang ke PP Muhammadiya dilakukan pada Jumat (29/1/2021).

Hari ini, Sabtu (30/1/2021) Kapolri Jenderal juga berkunjung ke Kantor Pusat Rabithah Alawiyah di Jakarta. Dikatakan Listyo, Listyo menyatakan kunjungan itu merupakan lanjutan dari rangkaian silaturahmi ke sejumlah ormas keagamaan, seperti NU dan Muhammadiyah.

Dalam acara silaturahmi tersebut, Listyo menitipkan pesan kepada tokoh-tokoh Rabithah Alawiyah untuk membantu menyampaikan pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) ke umat. Pasalnya, masih banyak bahasa hukum, kepolisian, yang kalau langsung disampaikan ke masyarakat perlu ada penerjemahan.

“Jadi tadi kami sampaikan ke beliau-beliau, ‘Pak titip supaya pesan kamtibmas kami bisa disampaikan ke umat dengan bahasa-bahasa umat. Tentunya itu akan sangat membantu untuk menjaga situasi yang bisa lebih kondusif,” imbuh Kapolri Jenderal Pol Listyo Siigti. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *