Press "Enter" to skip to content

Listyo Sigit Jadi Kapolri, Fahri Hamzah: Harapan Baru Pada Institusi Polri

JAKARTA – Mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019, Fahri Hamzah turut mengomentari soal terpilihnya Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim Polri) sebagai Kapolri pengganti Jenderal Pol Idham Aziz yang akan segera pensiun di awal Februari.

Fahri Hamzah melalui akun Twitter-nya, @Fahrihamzah yang dikutip media, Jumat (22/1/2021) mengulas soal beberapa poin menarik terkait sosok jenderal bintang tiga itu, salah satunya soal Laskar Front Pembela Islam (FPI).

Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia itu menguraikan pandangan pribadinya soal sosok Komjen Pol Listyo Sigit berdasarkan beberapa sudut pandang, terutama sikapnya dalam menanggapi insiden kasus kematian 6 Laskar FPI di Tol Jakarta-Cikampek KM 50 atau yang dikenal dengan sebutan ‘Tragedi KM 50’, yang hingga kini masih menyisakan kontroversi di masyarakat.

Dalam kasus tersebut, lanjut dia, terdapat 2 pandangan di Polri yang berbeda. Pertama, yang membenarkan sepenuhnya tindakan polisi dan yang kedua adalah yang berhati-hati, menunggu Komnas HAM, dan lain-lain.

“Sikap kedua ini dijurubicarai oleh Kabareskrim LSP (Listyo Sigit Prabowo) yang kini jadi orang nomor 1 di lembaga itu (Polri). Beliau lebih memilih untuk berhati-hati dan menunggu hasil investigasi Komnas HAM,” sebutnya.

Sikap Listyo Sigit tersebut, menurut penilaian Fahri yang juga pernah menjabat Wakil Komisi III DPR RI itu, menjadi sebuah harapan yang meyakinkan bahwa Listyo Sigit akan membawa perbaikan pada institusi Polri.

“Inilah mungkin secercah harapan awal. Komjen LSP setidaknya meyakinkan kita bahwa Polri tidak sepenuhnya setuju dan membiarkan begitu saja tindakan yang akhirnya disebut oleh Komnas HAM sebagai extra judicial killing. Meski tidak disebut pelanggaran HAM berat,” imbuhnya.

Kesempatan itu, Fahri Hamzah mengapresiasi visi Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang terdiri dari 16 Program Prioritas usai disahkan sebagai Kapolri, Kamis (21/1/2021).

Fahri menyebut, Polri di bawah pimpinan Listyo Sigit memiliki tekad yang kuat. Untuk itu, dirinya berharap jajaran Polri harus meresapi visi dari calon pimpinan barunya itu.

“Menurut saya, ada keseriusan di dalamnya. Ada tekad bagi kebaikan Polri dan bangsa ini,” ungkap Fahri Hamzah yang sangat menantikan gebrakkan baru dan perubahan Polri di bawah kepemimpinan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Sebagaimana diketahui, DPR RI secara resmi menyetujui pengangkatan Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia pada Rapat Paripurna DPR RI Ke-12 Masa Persidangan III Tahun Sidang 2020 – 2021 di Senayan, Jakarta, Kamis kemarin (21/1/2021).

Sebelumnya, Komjen Listyo Sigit juga melakukan uji kepatutan dan kelayakan bersama Komisi III DPR RI pada Rabu, 20 Januari 2021 selama 3 jam 15 menit atau dari pukul 10.15 WIB sampai dengan pukul 13.30 WIB.

Setelah dilakukan proses uji kelayakan, pada pukul 14.00 WIB, Ketua Komisi III DPR RI, Sahroni mengatakan diadakan rapat pleno lagi untuk mendengarkan pandangan para fraksi terhadap usul pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Pol Idham Azis dan pengangkatan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *