Press "Enter" to skip to content

Masalah Lahan Tuntas, KNPI NTB Berharap Pembangunan KEK Mandalika Sukses

MATARAM – Proses land clearing di kawasan KEK Mandalika, Lombok Tengah (Loteng), yang dilakukan oleh ITDC dibantu Pemerintah Daerah (Pemda), Polda NTB dan Polres Lombok Tengah melalui Tim Taktis dan Teknis Percepatan Persiapan Sirkuit Mandalika berjalan persuasif. Pendekatan tim yang dipimpin AKBP Awan Hariono ini, patut diapresiasi, karena proses land clearing berjalan aman dan lancar.

Apresiasi ini disampaikan Sekretaris Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) NTB, Lalu Athari Fatullah kepada wartawan di Lombok Tengah, NTB, Senin (14/9/2020).

Menurut Athar, dalam paparan tim yang dipimpin Wadir Reskrimum Polda itu, dapat dipahami bahwa setelah due diligent dilakukan, tim kemudian melakuan approach, pendekatan secara kekeluargaan, untuk menjelaskan posisi hukum semua pihak.

“Dan alhamdulillah seperti kita monitor melalui media, beberapa pihak menerima dan secara sukarela menyerahkan tanah-tanah selama ini dikuasai untuk diclearing seperti Ibu Suhartini,” katanya.

Staf Khusus Gubernur NTB ini mengutip pernyataan bijak Gubernur Zulkieflimansyah bahwa “jalan panjang memang harus di awali dari langkah pertama”. Hal ini akan menjadi pertanda baik bahwa event akbar MotoGP 2021 bisa terselenggara di Mandalika.

“Perhelatan event MotoGP inilah momentum yang tepat untuk menjadikan NTB sebagai etalase internasional dengan berbagai wacana dan kemeriahan yang akan dihadirkan kedepan,” ujar Athar.

Ia pun mengatakan bahwa segala sesuatu yang besar memang tidak mudah, pasti ada tantangan dan rintangan. Untuk itu sekali lagi, sinergi dari semua unsur haruslah terus digalakan.

“Langkah-langkah dan tata cara yang dilakukan oleh TIM Teknis dan Taktis Percepatan Penyelesaian Sengketa ini menjadi energi positif untuk pembangunan kedepan tidak hanya di kawasan Mandalika tapi untuk pembangunan di NTB secara umum, dan menurut saya perlu dicontoh,” ujarnya.

Terakhir, Athar berharap masyarakat yang masih merasa belum puas, untuk menggunakan ruang-ruang legal formal yang ada.

“Semoga Allah Subhanahu Wata’ala selalu anugerahi kita dengan limpahan berkah dan rahmat-Nya menuju NTB Gemilang. Amin,” tukasnya. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *