Press "Enter" to skip to content

Mulus, Jalan Komjen Pol. Idham Aziz untuk Menjadi Kapolri

JAKARTA – Langkah Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Idham Aziz untuk menduduki jabatan Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian, kian mulus. Apalagi, Komisi III DPR RI secara aklamasi menyetujui Kabareskrim Mabes Polri itu sebagai Kapolri, setelah dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry mengatakan, untuk selanjutnya hasil fit and proper test ini dibawa ke Pimpinan DPR RI untuk disahkan dalam Rapat Paripurna DPR yang akan digelar pada Kamis besok (31/10/2019).

Dijelaskan Herman Herry bahwa semua fraksi berkesimpulan, tidak perlu membuat pandangan fraksi, tetapi keputusan cukup melalui kapoksi (ketua kelompok fraksi), yaitu aklamasi.

“Jadi, Komisi III DPR RI secara aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Azis sebagai Kapolri,” sebut politisi dari PDI Perjuangan itu.

Herman Herry menambahkan bahwa pihaknya akan segera bersurat kepada Pimpinan DPR RI yang tujuannya agar keputusan itu dibawa ke Rapat Paripurna.

Saat menjalankan fit and proper test, calon Kapolri Komen Pol. Idham Aziz dihadapan Komisi III DPR memaparkan beberapa konsep yang akan diaplikasikan seandainya diberi amanat untuk memimpin Korps Bhayangkara tersebut.

Setidaknya ada tujuh program prioritas seandainya dirinya dipercaya menjadi Kapolri. Yakni, Mewujudkan SDM unggul, Pemantapan Harkamtibnas, Penguatan Gakum yang profesional dan berkeadilan, Pemantapan manajemen media, Penguatan sinergisitas polisi, Penataan kelembagaan, terakhir Penguatan pengawasan.

“Jika diberikan kepercayaan amanah sebagai Kapolri, saya akan melakukan program penguatan Polri yang Promoter yang diimplementasikan kedalam 7 program prioritas,” kata Idham Aziz saat mengikuti test proper test di komisi III DPR RI.

Usai fit and proper test, Idham langsung meneken pakta integritas. Ia pun mengutip kata-kata bijak dari Presiden ke-3 RI (alm) BJ Habibie, “Kepada Tuhan saya tidak akan bertanya mengapa, kenapa dan bagaimana. Namun, jika hamba diperkenankan mengajukan satu permohonan, maka berilah hamba petunjuk serta kekuatan untuk mengambil jalan yang benar sesuai dengan kehendak-Mu”.

Idham Aziz sendiri adalah calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pada Kabinet Indonesia Maju. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *