Press "Enter" to skip to content

PDIP Dukunga Bamsoet Jadi Ketua MPR RI, Ini Syaratnya

JAKARTA – Laju mantan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet untuk menduduki kursi Ketua MPR RI periode 2019-2024 nampaknya bakal mulus dengan adanya tambahan suara dari F-PPP. Bukan itu saja, Fraksi PDIP pun juga sudah menyatakan akan memberikan dukungan kepada politikus Partai Golkar itu.

Hal ini disampaikan oleh politisi dari PDI Perjuangan yang juga mantan Wakil Ketua F-PDIP MPR periode 2014-2019, Ahmad Basarah kepada awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Basarah menyebut partainya bukanlah partai yang mengambil semua kursi di parlemen meskipun berstatus pemenang Pemilu 2019. Sebab, PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner takes (it) all (pemenang pemilu mengambil semua).

“Karenanya, kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan,” jelasnya.

Namun, partai besutan Megawati Soekarnoputri itu meminta agar pemilihan Ketua MPR harus dilakukan secara musyawarah dan mufakat serta sedapat mungkin menghindari voting.

“PDI Perjuangan mempersilakan Fraksi Partai Golkar untuk melobi parpol lain agar mendukung pemilihan secara musyawarah mufakat,” ungkap Basarah.

Selain itu, lanjut Basarah, PDIP meminta Ketua MPR kelak berkomitmen menjaga kepastian jalannya pemerintahan Jokowi sesuai konstitusi sampai akhir masa jabatan 2024.

“PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR,” ujarnya.

Ketua MPR baru, harapan Basarah, juga melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas, serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa.

“Seluruh agenda itu, sudah menjadi rekomendasi dari MPR 2014-2019 kepada MPR 2019-2024. Syarat-syarat dukungan itulah yang telah kami sampaikan kepada Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar dan disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar,” pungkasnya. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *