Press "Enter" to skip to content

Penyidik PMJ Periksa Novel Baswedan dalam Kasus Serangan Air Keras

JAKARTA – Penyelidik Polda Metro Jaya memanggil penyidik senior ​​Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan, Senin (6/1/2020), untuk menanyainya sebagai saksi atas serangan air keras terhadap dirinya pada bulan April 2017 silam. Novel diperiksa sebagai saksi untuk pertama kalinya sejak polisi menangkap dua perwira aktif yang diduga sebagai pelaku penyerangan tersebut.

Novel mendatangi Polda Metro Jaya di Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020) pada pukul 10.20 WIB, yang didampingi oleh sejumlah pengacara

“Saya akan menunggu pertanyaan para penyelidik terlebih dahulu,” kata Novel kepada awak media sebelum memasuki ruang Ditrimum Polda Metro Jaya. Pada pukul 13.30 WIB, pemeriksaan terhadap Novel masih berlangsung.

Untuk diketahui, dua orang menyerang penyelidik senior KPK pada April 2017 silam, dengan melemparkan air keras ke wajahnya, yang menyebabkan luka serius di matanya.

Pada saat serangan itu, Novel memimpin penyelidikan KPK dalam beberapa kasus besar, termasuk kasus korupsi e-ID yang melibatkan sejumlah anggota DPR dan pejabat tinggi pemerintah.

Setelah dua setengah tahun penyelidikan, polisi menangkap dua petugas polisi aktif, yang diidentifikasi hanya sebagai RM dan RB, sebagai tersangka dalam serangan itu.

RB mengatakan kepada wartawan pada 28 Desember bahwa ia melakukan kejahatan itu karena kebenciannya terhadap Novel.

“Saya tidak suka Novel karena dia pengkhianat,” katanya.

Salah satu pengacara Novel, Saor Siagian, mengatakan pernyataan itu bertentangan dengan temuan yang dibuat oleh tim pencari fakta yang dipimpin oleh Kepolisian Nasional awal tahun lalu.

“Penyelidik harus melihat lebih dalam pernyataan itu,” kata Saor kepada wartawan.

Dia menambahkan penyelidikan lebih lanjut pada pernyataan itu harus dilakukan untuk mencegah orang yang tidak bertanggung jawab dari mengganggu seluruh penyelidikan. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *