Press "Enter" to skip to content

Pimpinan MPR Berkoordinasi Dengan TNI, Polri Sampai BIN Jelang Pelantikan Presiden dan Wapres

JAKARTA – Pimpinan MPR RI melakukan koordinasi menjelang persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 bersama Panglima TNI, Kapolri, Kepala BIN, Menteri Luar Negeri (Menlu) dan Mensekneg. Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga ikut diundang dalam kordinasi tersebut.

Koordinasi dengan lembaga-lembaga terkait tersebut, menurut Ketua MPR RIBambang Soesatyo kepada awak media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (15/10/2019), untuk mendalami dan menanyakan tentang situasi keamanan baik di ring satu Kompleks Parlemen maupun disekelilingnya.

“Situasi keamanan ini juga termasuk di seluruh tanah air. Mengapa? Karena kami tidak ingin acara pelantikan yang harusnya kita laksanakan dengan hikmat ini ada hal-hal lain, baik di sekeliling MPR maupun diseluruh Indonesia,” kata Bamsoet sapaan politisi Golkar itu.

Menurut Bamsoet, masyarakat Indonesia dimana pun berada, bisa menyaksikan acara pelantikan melalui televisi pada hari Minggu, 20 Oktober nanti. Dirinya juga berharap, pada acara tersebut perhatian rakyat tertuang dari kehikmatan daripada acara pelantikan presiden itu.

“Hal ini yang akan kita tanyakan kepada Panglima TNI, masalah keamanan termasuk juga masalah ketertiban dengan Kapolri dan masalah Intelijen terhadap berbagai informasi yang berpotensi mengganggu pelantikan presiden tersebut,” tambahnya lagi.

Kepada KPU, kata dia, akan dibicarakan apakah pada saat pembacaan SK Keputusan KPU itu dibacakan secara utuh atau bagian-bagian penting saja. Sedang kepada Menlu pimpinan MPR meminta kepastian kehadiran kepala negara sahabat atau negara lain.

“Sedang masalah lain yang kita bicarakan masalah protokoler, lalu selesai acara apakah ada inagurasi ucapan selamat dari bawah atau langsung dilanjutkan acara di istana dengan jamuan dinner atau makan malam dengan para duta besar, itu mungkin yang kita akan sampaikan,” kata Bamsoet seraya berharap acara berlangsung hikmat dan berlangsung tertib dan lancar. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *