Press "Enter" to skip to content

Sanggam Hutapea Dorong Menparekraf untuk Kunjungi Destinasi Wisata Sumatera

JAKARTA – Pemerhati dan pelaku pariwisata yang merupakan Alumnus Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Ir. Sanggam Hutapea, MM mengapresiasi perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno yang berkunjung ke Sumatera Barat, dalam rangka membangkitkan pariwisata eksotis berbasis keindahan alam. Ia pun mendorong Menteri Sandiaga untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di wilayah Sumatera.

“Seperti di Bengkulu Jambi, Batam, Kepulauan Riau, sehingga akan memberikan gambaran yang utuh akan potensi wisata di Sumatera, yakni mulai dari Aceh hingga Lampung. Apa lagi di Sumsel, Jambi dan Sumatra Utara juga ada banyak situs budaya Hindu yang ditandai dengan adanya sisa-sisa Candi,” sebut Sanggam saat dihubungi, Jumat (23/4/2021) saat diminta tanggapannya akan antusiasnya Sandiaga untuk mengembangkan wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) di Sumatera.

Potensi wisata di Sumatera, kata Sanggam, begitu kaya akan keindahan alam dan budayanya harus dikembangkan, karena itu dirinya selalu menyuarakan konsep Sumatera Adventure. Dan ia yakin jika pengembangan pariwisata di wilayah Sumatera (Aceh, Sumut, Riau, Sumbar, Bengkulu, Kepulauan Riau, Janbi, Sumatera Selatan, Lampung) menjadi satu kesatuan, maka Sumatera Adventure dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat.

Pengembangan wisata berbasis alam (nature) dan budaya (culture) di wilayah Sumatera , menurut lelaki yang selalu rutin mengunjungi destinasi-destinasi wisata di dunia ini, merupakan langkah yang tepat, sebab keseriusan Presiden Joko Widodo membangun infrastruktur untuk koneksi tol Jawa-Sumatera menjadi momen yang harus dimanfaatkan mengembangkan potensi-potensi wisata di Sumatera.

“Pembangunan infrastruktur berupaya jal tol Sumatra momen yang harus dimanfaatkan para gubernur di wiilayah Sumatera mengembangkan potensi-potensi wisatanya, serta mewujudkan Sumatera Adventure yang akan menantang para wisatawan untuk berpetualang menikmati keindahan alam, budaya, sejarah serta kuliner di Sumatera,” kata Sanggam.

Namun untuk mewujudkan Sumatera Adventure menjadi paket wisata, menurut Sanggam, akan lebih cepat dan mudah apabila para gubernur se-wilayah Sumatera membentuk forum bersama, sebagai wadah melakukan pertemuan rutin guna memetakan potensi potensi wisata yang dimiliki masing-masing.

“Saya yakin setiap wilayah di Sumatera memiliki potensi wisata yang berbeda-beda. Potensi inilah yang digodok menjadi satu kesatuan sebagai paket wisata Sumatera Adventure,” kata dia yang sangat yakin pariwisita petualangan di wilyah Sumatera akan menjadi primadona.

Sanggam juga yakni kalau kepala daerah sudah satu persepsi dengan paket Sumatera Adventure dalam konsep pariwisata yang berkelanjutan, maka tidak ada lagi kata untuk saling bersaing. Dia pun mendorong Menparektraf Sandiaga Salahuddin Uno untuk lebih memperhatikan dan mengembangkan potensi pariwisata di wilayah Sumatera, sebagai salah satu pusat destinasi wisata dengan standar internasional. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *