Press "Enter" to skip to content

Saran Pakar, Anggota DPR Lakukan Rapid Test Corona Bersama Masyarakat di Dapil

JAKARTA – Pakar komunikasi politik Universitas Pelita Harapan (UPH) DR. Emrus Sihombing menyarankan pemeriksaan virus corona atau Covid-19 untuk anggota DPR RI, lebih baik dilakukan di Dapil masing-masing. Hal ini disampaikan untuk menanggapi rencana Rapid Test Covid-19 bagi semua anggota DPR RI beserta keluarganya.

“Lakukan Rapid test di Dapil mereka masing-masing, bawa aja anggota keluarga kesana bersama-sama, pastikan melakukan dengan rakyat. Itu jauh lebih baik, ini menunjukkan jika ada masalah DPR ada bersama rakyat,” kata Emrus Sihombing saat dihubungi, Selasa (24/3/2020).

Namun Emrus mengingatkan tetap menaati WHO atau pemerintah soal social distancing.

“Saya kira bagus juga di komplek (rumah dinas DPR RI yang terletak di Kalibata) perumahan itu, tapi alangkah lebih baik di dapilnya supaya bersama-sama dengan rakyat tetapi tetap mentaati protokol perjalanan,” kata dia.

“Misalnya, ketika di Bandara, kan Bandara gak ditutup, tapi masih berjalan. Boleh mereka terbang kesana, tapi tetap melalui protokol yang sudah diputuskan oleh pemerintah. Misalnya social distancing saat antre tiket dan lain-lain,” sambungnya.

Perihal pernyataan salah satu fraksi di DPR yang menolak adanya Rapid Test, sebab saat ini harus mengutamakan masyarakat kecil dan tim medis, Emrus berpendapat jika lebih baik melakukannya bersama-sama dengan rakyat.

“Jadi artinya DPR juga harus di test, rakyat juga harus di test, bersama-sama saja. Kalau misalnya semata-mata untuk rakyat, tapi DPR tidak, kalau mereka sakit gimana? makanya lakukanlah rapid test di Dapil mereka masing-masing, bersama-sama (dengan rakyat), diwaktu dan hari yang sama. Sehingga DPR sehat, rakyat sehat jadi inilah menunjukkan kebersamaan,” ucapnya.

Terkait pernyataan Sekretaris Fraksi PPP di DPR Achmad Baidowi yang menyebut hasil patungan atau sumbangan pimpinan DPR dan para anggota DPR akan disumbangkan ke RS atau layanan kesehatan lainnya ini, membuat Emrus mendukung usulan itu.

Namun, dia berpendapat alangkah baiknya sumbangan itu tidak hanya kepada rumah sakit tetapi juga tidak kalah bagusnya ketika sumbangan itu diberikan kepada rakyat secara langsung.

“Inilah saatnya anggota DPR kita bersama-sama dengan rakyat,” tutup Direktur Eksekutif Lembaga EmrusCorner itu.

Seperti diketahui, Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyebut sebanyak 575 orang anggota DPR RI beserta keluarga akan menjalani pemeriksaan virus corona.

Kemungkinan pemeriksaan akan dilaksanakan pada hari Kamis 26 Maret 2020 atau Jumat 27 Maret 2020 pekan ini. Tes akan digelar di kompleks rumah dinas DPR RI yang terletak di Kalibata dan Ulujami, Jakarta Selatan.

Metode tes yang dilakukan berupa pengambilan sampel darah (Rapid Test), bukan pengambilan sampel lendir hidung atau tenggorokan (Polymerase Chain Reaction/PCR). ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *