Press "Enter" to skip to content

Sebagai Satgas Nataru 2019/2020, Elnusa Petrofin Sukseskan Distribusi BBM Pertamina

JAKARTA – PT Elnusa Petrofin (EPN) anak usaha PT Elnusa Tbk kembali dipercaya oleh PT Pertamina (Persero) menjadi bagian dari Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru (Satgas Nataru) 2019/2020. Tugas dan tanggung jawab Satgas ini adalah menjamin ketersediaan serta kelancaran distribusi BBM Pertamina selama masa liburan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sebagaimana disebut dalam keterangan tertulisnya yang diterima redaksi faham.id, Kamis (9/1/2020), kehandalan EPN dalam mendistribusikan energi dan terus menerus meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjadi salah satu fokus dari Pertamina bersama Elnusa Petrofin selama masa satuan tugas (Satgas) natal 2019 dan tahun baru 2020 yang berlangsung mulai 18 Desember 2019 sampai dengan 8 Januari 2020 ini.

Direktur Operasional dan Marketing EPN, Nur Kholis menjelaskan, di seluruh wilayah operasional Pertamina (Persero) termasuk di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina (Persero) yang dikelola oleh Elnusa Petrofiin seluruh Indonesia. Dalam masa periode Satgas Nataru 2019/2020 ini Elnusa Petrofin telah mendistribusikan BBM Pertamina dari TBBM ke SPBU di wilayah operasional Elnusa Petrofin dengan total throughput kurang lebih sebesar 1.031.363 KL.

“EPN melibatkan lebih dari lima ribu Awak Mobil Tangki (AMT) untuk mendistribusikan BBM Pertamina di hampir seluruh wilayah Indonesia, terkecuali Pulau Jawa dan mengelola lebih dari 48 terminal BBM di Indonesia. Karenanya, EPN berkomitmen terus mendukung Pertamina mensukseskan Satgas Nataru ini setiap tahunnya,” katanya.

Selain itu, Nur Kholis menambahkan bahwa aspek kesehatan dan keselamatan kerja merupakan hal fundamental yang menentukan kelancaran distribusi BBM ini. Oleh karenanya, EPN memastikan baik AMT maupun mobil tangki yang akan beroperasi dalam kondisi prima.

“Kami pastikan kondisi AMT fit to work dan mobil tangki layak beroperasi sehingga dapat melaksanakan tugas secara maksimal dan optimal. Untuk mendukung ini, manajemen pun turun langsung dalam mengawal seluruh tim agar dapat melaksanakan amanat ini sebaik mungkin –karena budaya kesehatan dan keelamatan kerja merupakan juga prioritas utama bagi kami,” sebutnya.

Tak hanya itu, lanjut Nur Kholis, EPN juga telah menerapkan teknologi terkini dalam mendukung efektivitas distribusi BBM dengan implementasi Sistem Informasi Operasi dan Distribusi (SIOD), Anjungan Validasi Mandiri, serta Terminal Automation System. Semua system ini memungkinkan data operasional terekam dengan baik dan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi MYSAP Pertamina, sehingga progress operasional termonitor secara real time sehingga memudahkan kontrol atas kegiatan operasional di lapangan.

Sementara itu, Manager S&D MOR II Pertamina (Persero) Zaenal AS mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas dukungan kelancaran Satgas Nataru Pertamina serta pengamanan ketersediaan BBM yang telah dilakukan oleh Elnusa Petrofin.

“Alhamdulilah Satgas berjalan lancar dan aman tanpa ada satupun keluhan kekosongan BBM baik dari masyarakat maupun stakeholders lainnya di wilayah operasional MOR II. Semoga semangat, kedisiplinan dan kesungguhan dalam operasional selama Satgas dapat kita lanjutkan dalam menjaga kelancaran operasional sehari-hari,” tutupnya.

Dikesempatan yang berbeda Arnold Pandelaki selaku Manager S&D MOR V Pertamina (persero) juga berterima kasih atas semangat dan dedikasi Elnusa Petrofin dalam mensukseskan Satgas NATARU 2019 ini. Dia berharap semangat dan dedikasi tinggi ini akan semakin berkembang dan menjadi rekan andalan Pertamina dalam hal penanganan distribusi dan operasi BBM. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *