Press "Enter" to skip to content

Semua Badan Keamanan Didesak untuk Berikan Tingkat Transparansi untuk KTT Asean

BANGKOK – Wakil Perdana Menteri Thailand, Jen Prawit Wongsuwan hari ini memerintahkan semua badan keamanan untuk berkoordinasi dan meningkatkan kesiapsiagaan menjelang kedatangan KTT Asean ke-35 yang diadakan dari 2 hingga 4 November di Bangkok.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Letnan Kongcheep Tantrawanich mengatakan Jen Prawit mendesak semua lembaga terkait untuk waspada dan bersiap menghadapi situasi apa pun berdasarkan standar internasional.

“Jen Prawit juga mengarahkan badan-badan keamanan untuk meningkatkan tanggung jawab mereka dalam mengumpulkan informasi intelijen untuk melindungi reputasi dan citra negara selama KTT.

“Dia (Jen Prawit) juga mengarahkan Kementerian Dalam Negeri untuk bekerja sama dengan Administrasi Metropolitan Bangkok dan lembaga terkait lainnya untuk memeriksa kamera pengintai di Bangkok dan pinggiran kota,” katanya.

Kongcheep mengatakan, wakil perdana menteri juga telah mengarahkan badan-badan terkait untuk meningkatkan penegakan dan pemeriksaan keamanan di wilayah perbatasan – tanah, udara dan air.

“Insiden dan individu yang mencurigakan perlu dilaporkan ke otoritas terkait untuk segera ditanggapi,” katanya.

KTT Asean ke-35 dan pertemuan terkait dijadwalkan dari 31 Oktober hingga 4 November di Muang Thong Thani Impact di Bangkok.

Thailand sebagai Ketua ASEAN, akan menjadi tuan rumah dengan kehadiran 10 negara anggota ASEAN dan mitra dialog mereka.

Selama KTT Pertemuan Menteri Luar Negeri Asean ke-52, Agustus lalu, beberapa ledakan dilaporkan di pusat Bangkok di mana empat orang terluka, dan polisi menahan sembilan bom, termasuk beberapa bahan peledak di lima lokasi.

Pekan lalu, polisi menyita 35 senjata api dan sekitar 480 peluru dan menangkap 30 orang di Don Muang.

Sementara itu, Wakil Kepala Polisi Suwat Chaengyotsuk mengatakan sekitar 10.000 polisi akan dikerahkan untuk penugasan di KTT. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *