Press "Enter" to skip to content

Seoul Sebut Pemimpin Korut-Korsel Telah Umumkan Penghentian Perang

SEOUL – Juru bicara kepresidenan Korea Selatan (Korsel) menyatakan Presiden Korsel, Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un secara tidak langsung telah mengumumkan penghentikan perang dengan kesepakatan yang mereka buat.

Jae-in dan Jong-un telah menandatangani perjanjian bersama setelah pertemuan di Pyongyang. Selain itu, ada juga perjanjian di bidang militer yang ditandatangani oleh Menteri Pertahanan Korsel Song Young-moo, dan Menteri Pertahanan Tentara Nasional Korut, No Kwang Chol di hadapan para pemimpin kedua negara.

“Pemimpin Selatan dan Utara sebenarnya telah mengumumkan berakhirnya perang di Semenanjung Korea dengan kesepakatan mereka,” kata juru bicara itu, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (19/9).

Menurut pernyataan bersama oleh kedua pemimpin negara, Korut memutuskan untuk sepenuhnya membongkar bidang pengujian roketnya di Tonchkhan-ni dan akan mengizinkan pengamat internasional mengunjungi lapangan. Mereka juga mengatakan bahwa Korut akan membongkar reaktor nuklirnya di Yonbyon dalam kerangka perjanjian dengan Amerika Serikat (AS).

Setelah pertemuan itu, Jong-un berjanji akan mengunjungi Seoul dalam waktu dekat. Dia juga mengatakan bahwa kedua negara sepakat untuk melakukan upaya denuklirisasi di Semenanjung Korut. Sementara itu, Jae-in mengatakan bahwa Seoul dan Pyongyang setuju untuk menghapus ancaman perang di Semenanjung Korea.

Keduanya juga menyatakan bahwa pekerjaan untum membangun jalan dan rel kereta yang  menghubungkan kedua negara akan dimulai sebelum akhir tahun ini.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *