Press "Enter" to skip to content

Setneg Dapat Gratis Belasan Mercy untuk Pelantikan Presiden, Ini Kata Fahri Hamzah

JAKARTA – Sekretariat Negara (Setneg), menyedikan belasan unit mobil mewah keluaran baru dari Mercy,  untuk para tamu Negara yang akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wapres terpilih 2019-2024, Minggu (20/10/2019). Bahkan, penyewaan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis.

Menanggapi hal itu, mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019, Fahri Hamzah menegaskan, fasilitas yang diberikan secara gratis oleh sebuah perusahaan itu, tidak diperbolehkan.

“Justru tidak boleh. Ini namanya quid pro quo (kompensasi). Istana payah,” kata inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu.

Lantas Fahri mempertanyakan Istana ini dikelola oleh siapa sih? Kenala baru mau mulai saja sudah salah konsepnya.

“Kpensasi mobil gratis itu adalah tanam jasa yang berbahaya. Karena itu perlu diwaspadai,” ujarnya mengingatkan.

Soal kompensasi itu, menurut Fahri, penegak hukum juga banyak yang tidak paham etikanya. Karena hal itu sama dengan contlict of interest.

“Itu soal rasa. Pejabat publik itu harus dibuatkan peradilan etika yang tinggi. Citarasa etikanya harus tinggi pula,” tegas Fahri Hamzah.

Sebelumnya, Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Erlin Suastini menyebut sebanyak 18 mobil Mercedes Benz disediakan Sekretariat Negara (Setneg), untuk membawa tamu negara yang menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres terpilih Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10/2019) besok.

“Penyediaan kendaraan untuk tamu VVIP ini bebas biaya sewa. Khusus penyiapan kendaraan VVIP dan Cadangan VVIP, Sekretariat Presiden telah bekerja sama dengan Mercedes Benz Indonesia dan mendapatkan dukungan kendaraan tanpa dikenakan biaya sewa,” ujar Erlin Suastini dalam keterangan resminya, Sabtu (19/10/2019).

Adapun kendaraan tersebut terdiri dari 11 unit seri S450 brand new dan 1 unit Cadangan S450, juga 6 unit seri E300 brand new. Mercedes Benz S 450 L untuk tamu kepala negara atau perdana menteri. Sedangkan Mercedes Benz tipe E 300, disiapkan untuk perwakilan kepala negara.

“Mobil ini dipilih dengan alasan kenyamanan,” ujar Erlin seraya menambahkan, selain menyiapkan mobil untuk tamu VVIP, Sekretariat Presiden juga menyiapkan 66 unit kendaraan pendukung tamu negara. Total anggarannya mencapai Rp 1 miliar. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *