Press "Enter" to skip to content

Soroti Pengambilalihan TMII Oleh Negara, Fahri Hamzah Singgung Peran Ibu Tien Soeharto

JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPN Partai Gelora Indonesia, Fahri Hamzah turut menyoroti ihwal keputusan pemerintah yang kini telah secara resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sebelumnya dikelola oleh Yayasan Harapan Kita, milik keluarga Presiden kedua RI, Soeharto terhitung selama 44 tahun.

“TMII (Taman Mini Indonesia Indah), menurut saya adalah ‘sedikit dari penjaga memori kolektif bangsa yg penting’. Tetaplah jaga seperti itu dan Ibu Tien (Siti Hartinah Soeharto) sebagai penggagasnya harusnya mendapatkan penghargaan besar untuk itu. Hargailah karya besar ini!” tulis Fahri yang dikutip dari akun Twitter @Fahrihamzah, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, masih kata Fahri, sebaiknya TMII tetap dijaga seperti itu dan Tien atau Siti Hartinah Soeharto sudah semestinya diberi penghargaan selaku penggagas TMII.

“Tetaplah jaga seperti itu dan ibu Tien (Siti Hartinah Soeharto) sebagai penggagasnya harusnya mendapatkan penghargaan besar untuk itu. Hargailah karya besar ini!,” tegas Wakil Ketua DPR RI Periode 2014-2019 itu.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) kini telah secara resmi mengambil alih pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dari pengusahaan Yayasan Harapan Kita. Adapun landasan pengambilalihan tersebut merujuk kepada Peraturan Presiden Nomor 19/2021 tentang Pengelolaan TMII.

Setya Utama, selaku Sekretaris Kemensetneg mengatakan, salah satu alasan dikembalikannya pengelolaan TMII dari Yayasan Harapan Kita ke negara, karena rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) agar kualitas pengelolaan aset negara menjadi lebih baik.

“Temuan dari BPK di bulan Januari 2021 untuk laporan hasil pemeriksaan 2020, rekomendasinya harus ada pengelolaan yang lebih dari dari Kemensetneg untuk aset yang dikuasai negara tersebut,” kata Sekretaris Kemensetneg, Setya Utama dalam jumpa pers daring di Jakarta, baru-baru ini. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *