Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Kepercayaan Publik, Calon Kapolri Listyo Sigit Bentuk Program Justice for All

JAKARTA – Calon tunggal Kapolri, Komjen Polisi Listyo Sigit Prabowo mulai menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI. Dalam pemaparnya, jenderal bintang tiga ini telah membentuk sebuah program yang dapat menciptakan keadilan bagi seluruh lapisan dan golongan masyarakat atau disebut dengan justice for all.

“Harapan masyarakat terhadap Polri menjadi faktor utama dan penting untuk diwujudkan, meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi,” kata Listyo Sigit saat menjalankan fit and proper test di Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Faktor utama yang dimaksud adalah mulai dari tantangan yang bersumber dari lingkungan strategis, baik tataran global, regional, domestik, serta dinamika sosial yang hidup di ruang siber

“Termasuk permasalahan kinerja Polri yang masih menuai masukan, koreksi dan kritik dari berbagai pihak,” sebut Listyo yang kini masih menjabat Kabareskrim Polri itu.

Kritik berupa persepsi dan kritim yang berkembang yang menyoroti kinerja Polri, sambung dia, tentunya akan menjadi perhatian serius. Seperti, kata dia, pelayanan Polri yang dirasakan sebagian masyarakat masih berbelit0belit.

“Ucapan maupun sikap prilaku anggota yang arogan yang dirasakan masyarakat, adanya Pungli di sektor-sektor pelayanan, kebiasan mencari-cari kesalahan, menggunakan kekerasan dalam menyelesaikan suatu masalah, penanganan kasus yang masih terkesan tebang pilih, dan nampilkan prilaku-prilaku yang menimbulkan kebencian di masyarakat,” papar dia.

Meski masih adanya pandangan negatif terhadap Polri, kata Listyo Sigit, pihaknya tetap mendapatkan gambaran mengenai tingkat kepuasaan publik terhadap institusi Tribrata ini untuk menuju ke arah yang lebih optimis.

Hal itu, lanjut Kabareskrim Polri ini, ditunjukan oleh hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga survei, dimana tingkat kepuasan masyarkaat dalam aspek kompetensi, sikap SDM, sarana prasarana pendukung, kinerja budaya, serta komunikasi dalam pelayanan mendapatkan hasil cukup baik.

“Termasuk tingkat kepercayaan Polri menduduki peringkat ketiga, dengan demikian secara umum tingkat kepuasan dan kepercayan publik terhadap Polri dinilai oleh beberapa lemabag survei cukup baik,” pungkas Listyo Sigit ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *