Press "Enter" to skip to content

Tok…Tok…Tok, Komjen Pol. Idham Aziz Sah Jabat Kapolri

JAKARTA – Rapat Paripurna DPR RI secara aklamasi mengesahkan pencalonan Komjen Polisi Idham Aziz sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Tito Karnavian yang kinimenjabat Menteri DalamNegeri (Mendagri). Rapat Paripurna digelar setelah sebelumnya DPR menggelar Rapat Bamus (Badan Musyawarah) pagi hari tadi untuk menggolkan hasil Rapat Pleno Komisi III agar diproses ke Sidang Paripurna.

Rapat Paripurna yang dipimpin Ketua DPR Puan Maharani didampingi para wakil ketua Aziz Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Muhaimin Iskandar, dan Rachmat Gobel di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis sore (31/10/2019), secara aklamasi mengesahkan Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri, dengan tanpa ada interupsi atau peryantaan pendapat dari anggota dewan peserta Rapat Paripurna.

Sebelum pengesahan, Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry membacakan langsung hasil keputusan uji kelayakan terhadap calon Kapolri. Hasilnya, Komisi III secara aklamasi menyetujui untuk mengangkat Komjen Idham Azis sebagai Kapolri.

“Setelah dilakukan proses Uji Kelayakan, selanjutnya pada pukul 16.30 WIB, Komisi III mengadakan Rapat Pleno untuk pengambilan Keputusan terhadap Calon Kapolri yang telah dilakukan Uji Kelayakan,” katanya.

Melanjutkan laporannya, Herman Herry menyebut, berdasarkan keputusan Rapat Pleno tersebut, Komisi III DPR RI secara aklamasi menyetujui untuk mengangkat Komisaris Jenderal (Pol) Drs. Idham Azis, M.Si sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia.

“Komisi III DPR RI menyadari dan memahami bahwa kecakapan, integritas dan kompetensi calon Kapolri merupakan prasyarat mutlak untuk menjadi Kapolri,” ujarnya.

Atas dasar itu, Komisi III DPR RI menyetujui untuk mengangkat calon Kapolri yang diusulkan Presiden RI, dengan harapan calon Kapolri terpilih sungguh-sungguh dapat dan mampu meningkatkan citra dan wibawa lembaga Polri sebagai alat negara.

“Juga berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban, menegakkan hukum, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri,” sebut politisi dari PDI Perjuangan itu lagi.

Dalam kesempatan itu, Herman menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Jenderal (Pur) Tito Karnavian yang telah mencurahkan seluruh tenaga dan pikirannya secara profesional dalam melaksanakan tugasnya saat menjabat sebagai Kapolri. “Demi terciptanya keamanan dan ketertiban negeri tercinta ini,” terangnya.

Demikian laporan Komisi III DPR RI mengenai hasil pembahasan persetujuan pengangkatan calon Kapolri guna ditetapkan dalam Sidang Paripurna DPR RI untuk selanjutnya disampaikan kepada Presiden RI untuk disahkan sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan (Perppu) yang berlaku. ***

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *